BAD PROMOTION IN BUSINESS

haha.. from here
Well.. kali ini setelah sekian lama gw vakum dari dunia per blog an.. gw kembali dengan sedikit keluhan dan protes tentang dunia promosi..

Well.. lebih tepatnya promosi makanan sih.. sebenernya gw dri kmrn2 pengen nulis ini.. cuma gw masih bertahan aja dong dengan emosi gw.. cuma skrg gw dha gak tahan..

Cerita pertama, mungkin untuk para pengguna line udah tau.. yaitu tentang F*sh & C*.. yeah you know.. bukannya apa sih.. gw sebenernya salah 1 dari sobat yang super beruntung itu dan gw termasuk yang sial karena setiap kali gw ngantri.. pasti udah lewat dari kuota 300 org nya.. *damn* dan gw mulai ngitung kalo gak salah waktu itu dia promo 1 mgg so..
 7 hr * 10 store * 300 org per hari otomatis cuma bsa 21000 dmana dia bagiin nya ke sktr 100rb pengguna line.. 

How crazy it is.. gw ampe mikir.. kenapa sih gak pake otak bagi2 gratisan nya.. gw sih lebih prefer gw gak dapet kupon nya drpd gw sakit hati mau nuker tapi udah abis jatahnya.. (tapi gw denger2 sih pas hari terakhirnya udah gak dijatahin) cuma gw sbg org yg udah gak minat cuma melengos aja gtu.. dha sakit hatiiii :P trus trusss.. loe balik lagi gak ke resto itu? Balikkkk donggg.. soalnya pegawai mreka ngmg nya baik2 pas ngasi tau kuota udah abis dll.. jadi mnrt gw itu nilai lebih... hahahaha.. coba kalau jutek.. gw males bangetttt.. mnrt gw ini kesalahan manajemen sihhh.. 

Slanjutnya si K*C yang bagi2 kupon ayam gratis.. (*yg ini gw selalu dapet dan selalu berhasil nuker) cuma tetep sih di K*C ini gw punya pengalaman jelek.. pas terakhir gw ksana.. itu pas barengan gw dapet kupon ayam gratis + hari terakhir disc 35% Super Besar 2.. dan karena waktu itu gw mau makan berdua doang.. gw tukerin lah 2 kupon plus beli paket super besar 2 nya 1.. 

Nahhhhh sayangnya yang ngeselin ada banyak nihhh..  

Pertama dia sempet masukkin orderan gw jadi Super Besar 1 sebanyak 1.. pdhl gw udah bilang.. mbak super besar 2 nya 1.. It's still okay.. karena gw sering nemuin petugas yang salah kayak gini.

Kedua mbak nya cuma kasi gw ayam nya 2.. trus gw nanya dong.. mbak saya pesennya super besar 2 kan? Trus dia bilang iyaaa.. trus dia baru ambilin lagi ayam kupon gw.. gw pikir oke lah ya mungkin dia lelah :P

Nah pas mau bayar.. gw bgg kok super besar nya tetap ya harga nya.. dan gw nyeletuk dong "mbak, udah gak disc ya?" Dan mbaknya tau gak ngmg apaa.. "diskon ya diskon ajaa" gw? *speechless* argghhhhh.. sebel bangetttt.. 

Trus trus, masih balik ke K*C gak? Masssssiiiiihhhhh.. karena itu makanan sejuta umat.. wakakakak.. dan pelayannya ganti trus.. jadi gw cuma bsa berharap gw gak akan ketemu mbak resek itu lagi..

Trus ada lagi nih.. hahahaha.. *banyak bener ya* yang terakhir itu toko roti K*mp*d*l*.. hehehe.. dia setiap jam 7 malam pasti ngadain disc 50% untuk sisa roti dan kue.. *fyi, rotinya enak.. hahaha*

Gw baru 2x sih ksana.. dan selama 2x gw ksana.. petugas/karyawan yang melayani gw dan mencatat pesanan gw semuanya helpful banget.. gw tanya2 apa isi rotinya.. apa isi kuenya dll mreka jawab dengan sigap dan ceria.. gw juga suka bercanda ama petugasnya.. 

Cuma pas tadi gw ksana ada kejadian gak enak aja sih.. jadi kan pas gw antri itu.. depan gw adalah 1 bapak2 yang rmbt nya agak2 putih gtu dan tokonya rame lah yaaa.. jadi stlh bapak itu pesen.. si petugas nya bilang.. "Pak, duduk aja.. nanti dipanggil ama kasirnya" *baikkannnn petugasnya* jadi si bapak duduk dong.. terus pesenan gw selanjutnya.. 

Nah kebetulan habis selesai milih2 roti gw gak langsung duduk tapi jalan2 ke deket kasir dan liat2 produk2 dia yang lain.. sambil merhatiin antrian kasir..

Kebetulan..punya gw masih agak jauh.. jadi gw sempet nanya2 tentang produk dia ke petugas yg lewat *yg sedihnya petugasnya kurang tau ttg produknya* 

Nah kebetulan gw liat nih.. punya si Bapak X ini udah di antrian selanjutnya.. dan si kasir bukannya inisiatif mencari si bapak teguh.. dia malah bertanya ke org di depan dia, yg notabene itu adalah antrian2 setelah gw (kec kalo petugas nya yg salah yaa).. errrrrrrr.. gw yang kesel akhirnya inisiatif dong (*mungkin salah di nada gw juga kali ya, yang agak ketus) gw bilang gini "mbakk.. itu pak teguh nya nungguin sambil duduk" *gak keliatan sih krn di depan kasir rame banget* trus yg gw agak shock adalah gw lgsg dipandang dengan jutek gtu.. baik dari si kasir sama yang lagi bayar.. dan gw jadinya sebal bangetttttttttt.. dan abis itu gw jadinya dilayanin dengan ketus *damn* gak perlu gw rinci kali yaaa.. intinya dia bener2 ngjutekin gw.. ckckckck.. yahhh.. mungkin si mbak sudah lelah karena capek melayani atau kesel ama customer lain.. 

But seriously? You can do better than that.. minimal kalau emang loe gak mau ribet manggil2 orang, maka loe harus bilang ke petugas di depan untuk mengarahkan customer2 agar stay in line.. ckckckckk.. kalau kayak gini kan miss communication tohhh..

Balik lagi gak? Maybe saladnya enak soalnya :D Cuma mungkin kalo udah hectic kayak pas gw dateng itu.. gw gak boleh ninggalin antrian sama skali.. bodo amat ama yg masih ngantri pilih2 roti kali yaaa.. :P atau gw yg harus sabar? Huyuhhh

Sebenernya masih banyak sih daftar panjang kekecewaan gw dengan promosi2 terutama promosi restoran.. hahahaha.. mungkin karena itu yang paling nampak.. cuma capek juga kalo gw harus jabarin 1 1..

So inti dari curhat loe apa sih?
Gw cuma mau bilang aja sih.. kalau kalian mau promosi sesuatu.. ya kalian harus siap.. baik itu resource (human n product) ataupun hal2 sepele lainnya.. seperti komunikasi yang baik antara manajemen dan pelaksana di lapangan.. biar gak buat promosi kalian malah jadi senjata makan tuan. . Itu aja sih :D

0 comments:

Post a Comment