[BOOK REVIEW] Moon in the Spring

Di malam bulan purnama, seorang dewi terjebak bersama seorang pria berhati dingin dan licik di permukaan bumi.

Dewi Langit, Pria Bumi, lalu Malaikat Kematian….


Apakah wanita itu benar-benar tunanganku?

Pria itu bernama Kang Min-Hyuk, pria berhati dingin dan licik. Ia tidak tampak terkejut ketika tunangannya bangkit dari kematian. Ia tidak memiliki perasaan apa pun kepada wanita itu. Akan tetapi sesudah kejadian itu, wanita itu terlihat seperti wanita lain. Dan wanita itu tidak pernah bisa hilang dari pikirannya.


Apakah pria itu akan berhasil mengetahui identitasku yang sebenarnya?

Ji-Wan melanggar peraturan langit dan turun ke bumi untuk menggantikan posisi seorang wanita yang meninggal. Di sana, ia bertemu dengan Min-Hyuk, tunangan wanita yang ia gantikan. Sejak bertemu dengannya, Ji-Wan tahu bahwa pria itu adalah orang yang tidak mudah untuk dihadapi. Walaupun begitu, Ji-Wan berniat untuk bisa terus bertahan di dunia manusia… meski ia merasa lelah.

Begitu baca cuplikan yang ada di belakang buku ini, sebenarnya agak ragu sih mau beli atau gak. Soalnya kayaknya agak gak masuk akal. Bayangkan ada Dewi dan malaikat kematiannya segala. Haha. 

Tapi karena sudah pernah baca novel Hyun Go Wun lainnya, jadinya akhirnya dibelilah buku ini. Apalagi Gramedia lagi ngadain acara discon 30% off dari tanggal 2 - 8 Februari 2015 dengan menggunakan Kartu Kredit BCA, Kartu Flazz BCA dan Kartu Kompas Gramedia untuk seluruh buku - buku terbitan grup Kompas Gramedia. Buku ini sendiri sih terbitan Penerbit Haru, cuma karena dari kemarin pengen banget punya yang namanya Kartu Kompas Gramedia (salah sendiri sih, sebenarnya sudah beberapa kali belanja buku > Rp. 500.000,- cuma gak pernah ditebus) akhirnya dibelilah buku ini bareng - bareng sama novel lainnya yang mungkin saja akan saya review di kesempatan lain.

Back to the review!!!

1. Story
Buku ini berkisah tentang seorang calon Dewi Langit yang bernama Dal-Hee. Dal-Hee ini sebenarnya adalah seorang manusia yang diselamatkan dari kejaran harimau dan akhirnya diterima oleh Kerajaan Langit untuk di didik menjadi Bulan (Well, sounds crazy). Tapi, walaupun Dal - Hee merupakan calon Dewi dia masih saja membawa sifat - sifat duniawinya. Sebenarnya untuk menjadi Dewi, Dal-Hee harus menjalani yang namanya 7 kali reinkarnasi untuk menghilangkan sifat - sifat duniawinya. Di saat Dal-Hee sedang bersiap - siap untuk menjalankan reinkarnasinya dia malah mendengar permintaan tolong dari bumi. Dal-Hee yang tidak tahan mendengar kalimat permintaan minta tolong itu akhirnya turun dari langit secara diam - diam. 

Di bumi dia bertemu dengan Yoon Ji - Wan yang sudah tidak ingin hidup lagi dan memang masa hidupnya sudah hampir habis. Ditandai dengan kehadiran seorang malaikat kematian 2999. Dal - Hee yang bingung kenapa Ji - Wan lebih memilih untuk mati tanpa berjuang akhirnya mengamati bahwa hidup Ji - Wan sungguh sangat kasihan. Tidak ada seorangpun yang peduli dengan keadaannya, semua sangat dingin. Ibu tiri dan adik ibu tirinya hanya memikirkan mengenai merger. Adik tirinya diam - diam merasa bersyukur dan ingin menggantikan kakaknya untuk menikah dengan tunangannya. 

Tunangannya sendiri Kang Min-Hyuk hanya peduli dengan urusan bisnis yang belum selesai dengan Ji-Wan dibandingkan dengan keadaan Ji-Wan sendiri. Ji-Wan pun meminta kepada sang Dewi untuk memanusiakan Min-Hyuk agar Min-Hyuk bisa merasakan apa yang dirasakan oleh dirinya sendiri. Sang Dewi pun akhirnya berjanji kepada Ji-Wan untuk membantu memanusiakan Min-Hyuk.

Seperti yang disebut dalam cuplikan novel, akhirnya Dal-Hee memutuskan untuk masuk ke tubuh Ji-Wan yang sudah meninggal walaupun ditentang oleh Malaikat Kematian.Bagaimana kisah hidup Dal-Hee saat menjalankan hidupnya sebagai Ji-Wan? Apakah akhirnya Min-Hyuk bisa berubah menjadi manusia yang baik dan mengenal yang namanya cinta?
  
2. Review
Pas baca novel ini pertama kali, agak - agak bingung sih. Karena tiba - tiba Dal-Hee sudah masuk ke dalam tubuh Ji-Wan. Tapi setelah itu dijelasin sih kenapa Dal-Hee bisa ada di tubuh Ji-Wan. Selain itu, menurut saya novel ini bisa dibilang ide cerita standar. Bagaimana seorang cowok dingin akhirnya berubah menjadi cowok baik dan penuh perhatian karena seorang wanita yang ceria. Cuma karena dibumbui dengan cerita Dewi serta malaikat saja :D

Lalu, ada beberapa hal yang kesannya kurang digali secara mendalam. Seperti contohnya, kenapa Ji-Wan dan Mi-Ra dulunya tidak akrab (Mi-Ra adik tirinya Ji-Wan), atau kenapa malaikat kematian bisa benci setengah mati dengan manusia jahat. Ya seperti itulah. Tapi overall ceritanya bagus dan menyentuh. Kalau gw yang narik intisarinya sih seperti ini. 

Manusia itu merupakan produk dari apa yang dibuat oleh manusia lain. Sifat yang ditunjukkan oleh teman, saudara ataupun manusia yang berinteraksi dengan kita, ditentukan sendiri oleh bagaimana kita membawa diri kita di hadapan orang. Jangan berharap orang lain akan berubah apabila kita sendiri tidak berubah.

3. Bahasa
Hmmm.. Walaupun sudah lebih baik dari novel - novel terjemahan bahasa Korea terbitan Haru sebelumnya, tetap saja ada beberapa hal yang sulit dimengerti dalam novel ini. Jadi kita harus baca novel ini baik - baik. 

4. Fisik
Seperti biasa, penerbit Haru selalu sukses memberikan ilustrasi yang menarik bagi buku - buku terbitannya. Manis dan indah :)
Penerbit              : Haru
Harga                 : Rp. 67.000,-
Penulis                : Hyun Go Wun
Jumlah Halaman  : 405 halaman
Terbit                  : 2014
Terbit                  : 978-602-7742-39-0 

0 comments:

Post a Comment