Me and My Money

Hmmm.. sesuatu yang gak biasa ya bikin postingan seperti ini.. hehehe.. Kenapa aku bikin post seperti ini? Alesannya adalah, AKU IKUTAN LOMBA MOMMIES DAILY and LIVE OLIVE lhoooooo :D oh ya, kalian2 juga bisa ikut lomba ini dengan cara sebagai berikut lhoo..

Anw, kita mulai aja postingannya.. Gimana sih cara aku ngatur uang? Fyi, aku baru mulai kerja.. Cuma aku mau share aja sih, kalo aku dari TK gak pernah dikasih uang jajan. Saat kuliah, aku hanya dikasih 50 juta untuk mencukupi seluruh kebutuhan kuliah aku dari awal – selesai. Mungkin bagi orang lain, jumlah segitu banyak. Tapi, untuk kuliah di PT Swasta itu jumlah yang kecil lho. Jadi gimana caranya aku mengelola uang?

1. Membagi2 pendapatan aku, baik dari angpao ataupun usaha sampingan.
Jujur ya, selama aku kerja sampingan.. aku selalu ngebagi2 salary aku.. jadi begitu gajian aku langsung memecah duit2 aku jadi 3 bagian.. yang pertama untuk pengeluaran sehari2 dan pasti seperti buat ongkos dan membatasi duit makan (kalau perlu bawa bekal, krn lebih hemat :D ).. yang ke-2 adalah uang untuk bersenang2.. bisa buat ntn / beli baju dll. yang ke-3, untuk ditabung :D

2. Bawa uang dalam nominal besar (pecahan 100k atau 50k)
Kenapa aku bilang begini? Soalnya sering lho, melihat duit berlembar2 di dompet kita jadi khilaf buat belanjain uang nya begitu aja.. banyak pengeluaran yang kalo dihitung2 berasal dari duit yg kecil2 ini lho jeung.. jadi aku ngusahain selalu bawa pecahan besar biar susah nukerinnya :D

3. Memisahkan uang
Aku saranin, walaupun udah nyisihin duit untuk sehari2 kita jangan bawa semua uangnya.. kita simpen di rumah.. n setiap hari dikeluarin secukupnya untuk hari itu.. jangan lupa siapin duit cadangan di tas/dompet untuk menghindari kejadian yg tidak diinginkan seperti kehilangan uang or kelupaan bawa uang :D

4. Simpan recehan

pic taken from here



Pas belanja aku selalu nyimpen kembalian2 dengan rapi lho.. Jgn diremehin duit2 ini.. krn jujur pas aku coba kumpulin 100, 200, 500 perak aku.. sebulan aku bisa dapet sekitar 20rb.. jumlah yang lumayan kan? Hehehe

5. Diskon
Menurut aku, jangan sampe kita tergiur dengan yang namanya diskon.. karena diskon bisa bikin khilaf.. kalo emang budget dha ketat, aku menghindar dari diskon.. karena diskon suka bikin kita belanja hal2 yg sbenarnya gak penting..

6. Catat pengeluaran
Dengan catetan ini aku bisa menganalisa pengeluaran2 gak penting dan bisa menyiapkan anggaran buat esok hari atau bulan berikutnya.

Kesannya sederhana dan simple kan? Tapi dari sesuatu yang sederhana n simple ini gw bisa memanage uang yang kurang itu sampe bersisa lho di akhir perkuliahan gw.. Walopun punya part time banyak atau dapet uang jajan besar tapi apalah artinya itu semua kalo kita gak bisa mengatur pemasukkan kita supaya gak banjir keluar kembali :D ingat kita gak boleh besar pasak daripada tiang lhooo :D

Oh ya, buat kalian2 yang pengen dapet solusi hidup hemat lainnya bisa coba cek ke www.liveolive.com selain itu, kalian bisa follow twitter, facebook, G+ n Youtube nya lho :D

0 comments:

Post a Comment