Balada Kawat Gigi

Hai2.. benernya ini cerita udah hampir 2 bulan lalu sihh.. basi banget kann.. pdhl udah ada di hp lho dri hari pertama gw pasang.. cuma gak sempet gw pos aja.. hahaha

Jadi ada apa neh? Ceritanya gw pasang kawat gigi guys.. bahasa kerennya behel.. wkwkwk.. 

Ada angin apa nehhh.. kok tiba2 pasang kawat gigi.. aplg perasaan umur dha ampir 25 aja? Hahaha.. Jadi gini lho man teman.. gigi gw ini sebenernya rapiiiiiiiiiiii bangett.. jadi semua sesuai jalurnya.. posisi bener.. gigi bungsu gw yg unyu2 itu juga tumbuh dengan baik dan sempurnaa.. lhaaa? Trus ngapain pasang dong? Hahaha.. jadi kalo mau tau alesan gw pasang adalah... krn gigi gw renggang bangetttt.. hahaha.. saking banyak celahnya gw sering banget diejek.. dibilang mingkem.. hati2 ntar anginnya masuk..

Benernya gw sih ngerasa.. yaudha lhaaa.. ngapain juga dikawatin.. toh gak ada mslh ama sluruh fungsi gigi gw.. cumaaaaa krn cowo n nykp gw insist gw untuk masang.. jadilha gw pasang.. hahaha.. 

Sooo.. dimulailah perjalanan gw untuk nanya2 soal masang kawat ini di klinik umum Viva Medika.. krn kebetulan deket ama rumah n gw pernah perawatan gigi disana pake voucher disdus.. so gw mencoba buat nanya2 dsana.. 

Krn jadwal praktek dktr gigi yg khusus buat masang kawat gigi nya cuma setiap senin n sabtu.. otomatis gw pilih sabtu dongg.. (krn gw ngantorrrr) 

Pertama dateng gw cuma konsultasi sambil nanya2 tentang behel dan pemeriksaan gigi gw.. (ini buat mastiin aja gigi gw kondisinya gmana.. ada yg perlu dicabut apa gak, yg syukurnya pasti gak ada yg perlu dicabut) sekalian ama dikasih surat rekomendasi untuk rontgen panoramic ama 1 lagi (gw lupaaa.. tapi yg pasti rontgen 1 kepala dri samping) biayanya 60rb ajaa.. konsul nya 50 n administrasi 10..

Oh iyaa.. gw rontgen nya akhirnya di husada.. cepet kokk.. paling cuma stgh jem.. total buat rontgen 2x itu 314rb.. tapi inget ya.. husada cuma trima rontgen yg bawa surat pengantar.. hehehe

Trus mgg depannya lagi gw dateng sambil bawa hasil rontgen gw yg keren dan mahal ituu :p nahhh.. pas gw dateng kedua ini dia lgsg bikin cetakkan gigi gw (tentu setelah ngeliat hasil rontgen lha yaaa) bikin cetakkan toeh lucu yaaa.. rasanya unik gtu.. kayak pasta gigi diatas permen karet.. wkwkwk.. trus setelah ituu.. gw dikasi tau kalo geraham gw salah 1 nya harus ditambal dulu krn dalemnya dha bolong.. aplg itu geraham yg bakal dipasangin ring buat nahan kawatnyaa.. sooo dimulailah pengeboran gigi yg sakit2 ngilu2.. trus diisi dengan sesuatu dilanjutkan dengan penutupan si gigi.. huhuhu.. total yang gw habiskan kali ini adalah 540rb dengan perincian:
Cetakkan 200rb
Tambal geraham 220rb
Lining 110rb
Admin 10rb

Oh yaa.. pas hari itu gw dipasangin pemisah untuk bikin jarak antara si gigi geraham yang bakal dipasangin ring dengan gigi2 lainnyaa.. awal2 sih gak sakit yaaa.. cuma bgtu gw bangun keesokkan harinyaaa.. gw lgsg gak bisa makann.. berasa smua gigi potek2 n sakitttnyyaaa.. :'( tak tertahankan.. 

anw.. di hari itu gw juga nentuin kalo gw bakal pake kawat yang model biasa.. yg pake karet warna warni.. kenapa gw pilih yang ini? Krn pas gw tanya, kalo kasus kayak gw cukup 1 ampe 1 stgh taon buat pasang kawat.. dan gw mikir ohhh.. lumayan cepet yaaa.. jadi buat apa gw pake si damon.. scara efek damon kan katanya cuma lebih cepet aja.. sakitnya tetep sama.. haha.. wong beda harganya lumayan.. trus ada penawaran lagi untuk yg transparan ituu.. bedanya 1 juta sih sama yang biasa.. cuma pas gw tanya ada efek beda atau gmana.. dktr nya sih meyakinkan gw kalo efeknya sama.. malah bahannya agak ringkih.. yg menguntungkan cuma krn dia gak gtu keliatan aja.. sooo.. gw yakin dhaa.. pake yang biasa aja cukup.. haha.. *pelit apa hemat yaaa

Soo.. minggu depannya gw balik lagii.. haha.. kali ini gw cuma nyoba2 si ring untuk gigi gw yg soon to be bride with braces.. lols.. dan skalian ganti pemisahnya.. anw.. si pemisah (seperator) ini mirip ama karet yg biasa dipake dikawat gigi.. tapi warnanya biru.. wkwkwk.. oh yaa.. ini gratis.. gak bayar.. hihihi.  Makasi ya dokk..

Dannnn.. jeng jeng jengg.. tgl 15 feb 2014 akhirnya dilakukanlah eksekusi terhadap si gigi gw.. akhirnya dia menikah ama si kawat.. wkwkwk.. sblmnya seperti layaknya pengantin dia dimandiin dulu dongg *baca scalling (pembersihan karang gigi) lalu mulailah pemasangan ring.. oh yaaa, sayangnya ring gw ada 1 yg gak cocok.. jadi mau tak mau gw harus ngg ampe konsul lagi untuk masang cincin itu.. hihihi.. lalu mulailha pemasangan bracket untuk memagari smua gigiku.. oh yaaa.. sebelumnya gw dipasangi penahan gtu.  Biar mulut gw gak nutup.. n difoto2 dulu dhe para gigi gw yg cantik dengan kamera yg sudah disiapkan.. hihihi.. 

oh yaa.. pas ditengah2 itu gw sempet disuruh ttd surat perjanjian lhoo.. hahaa.. keknya sih intinya tertulis bahwa ada kemungkinan gigi gw bakal mekar lagi kalo misalnya gw gak rajin pakai retainer setelah lepas kawat.. hahaha.. 

Bgtu lhaaa.. trus setelah itu dipasang kawat yang melintang dan dipasangin si karetnya.. oh yaa.. krn gw gak pengen keliatan norak banget pas disuruh milih karetnya gw minta yg gk terlalu nampak aja.. jadinya gw pake karet warna pink lhooo.. hahaha.. total masang kawat gigi ini adalah 2 jam.. dengan biaya:
Scalling atas bawah: 260rb
Pemasangan kawat gigi: 5.5 juta
Administrasi: 10rb
Alat tempur wajib..

Oh yaaa.. abis selesai masang kawat ini gw dikasi peralatan tempurnya n dijelasin dhe fungi2nya.. hahaa.. lumayan lhaa.. gw jadi gak pusing2 lagi.. oh yaaa.  Si bu dokter menegaskan ke gw.. kalo sakitnya udah gak tertahankan.. gw cuma boleh minum panadol biru.. kenapa? Karena katanya kalo obat lain bisa bikin pergerakkan gigi jadi lambat.. hahaha.. yasudah.. nurut aja lha gw.. lagian panadol kan murah yaa.. wkwkwk

Oh yaaa.. jadi bener gak sih pasang kawat gigi lgsg sakit? Jawabannya adalah... gak toehh ^^ gw masih bisa makan siomay dan malemnya gw makan nasi.. tapi mengikuti kata bu dok yg bilang gak boleh makan yg keras2 n gak boleh makan sesuatu secara lgsg kek apel ayam bakso gtuu.. tapi dikupas atao dipotong2 dulu.. hahaha..

Masa sih gak sakit? Gak jugaaa.. hahaha.. pas gw nulis ini.. gigi gw dha sakitttt.. tapi menurut gw hampir sama kek sakit pas gw dipakein seperator jadi gw dha gak mengaduh2 lagi.. hahaha..

Soo.. bgtulah pengalaman gw.. saran gw sih.. kalo mau pasang cari dktr gigi sp.ortho yang terpercayaa.. dan sesuai kebutuhan yaaa.. n feel free to ask :D

Oh ya sekedar tambahan.. dari awal pasang ampe posting.. gw kan dha konsul 2 kali.. biaya konsulnya 230rb

Dan pas konsul terakhir gw mulai pakai karet yg beda.. yg kehubung 1 sama lain gtuu.. sumpahh.. sakittt.. karena itu narik gigi2 depan gw.. huhuhu

7 comments:

  1. Replies
    1. Hi maaf lama balasnya.. untuk lokasinya skrg dokter gigi ku udah di Viva medika tanjung duren dekat sama pemadam kebakaran nya :)

      Delete
  2. hii....aku baru nyampe pasang separator. sakiiiitttt pakeee bangeettt. nah, kalo pasang ring-nya sakit ga ? sakitan mana sama separator ? thx...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Valen, kalau menurut aku sih sakitan pas pasang separator nya.. haha.. pas ring nya mungkin udah terbiasa sakit kali yaa.. jadi pas dipasang malah lega gitu :)

      Delete
  3. huhuhu...ini ngilu2, gabisa makan apa2. ngunyah bubur aja aduhai rasanya... :")
    semoga besok pas pasang ring+behelnya ga sakit. sakitnya berapa lama ya kalo pertama kali behelan? (sampe bisa makan, jedanya berapa lama nih ?) maaf ya byk nanya sist cantik 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. biasa mank gitu kok sis :) aku sih karena gak tahan laper jadi lebih sering minum susu.. itupun kadang ngilu2 :P aku waktu itu sampe bisa makan sktr 3 mgg dhe.. trus setiap konsul aku juga ngilu2 sehari dua hari :D

      Delete
    2. hi sist... hooh, sakitnya ngilu bgt. yg geraham dah agak kuat, nah gantian taring dan belakang taring yg sakit bgt... hampir 1 mnggu ini, ak cuma bisa makan bubur dan mie(mie'nya ditelan) hahaaa... buat maksa ngunyah nasi yg lembut sekalipun, aduh ngilu bikin bete akut..haha :D kyaknya bakal lama deh buat bisa makan nasinya :))

      Delete