Perjuangan Kaum Tuna Netra

Hai hai, hari ini gw mau ngmgin ttg kaum tuna netra di Indo. 

Entah kenapa tiba2 gw tersentil buat ngmg in mereka.. karena menurut gw kaum tuna netra itu yang paling fight menurut gw.. sering kan kita liat panti pujat tuna netra.. atau kaum tuna netra yang jualan kerupuk.. gw melihat. bagaimana dengan kekurangan yang mereka miliki, mereka tidak pernah menyerah dan selalu berusaha untuk mencapai hidup yang lebih baik..
from here

Selama beberapa bulan ini gw naek transjakarta, gw sering ngeliat seorang bapak tuna netra sekitar 30an yang selalu mengantri di tj.. dan menurut gw, tj ini menyediakan sarana yang baik untuk kaum difabel dan orang tua, dimana mreka2 ini bisa keluar dari antrian dan langsung antri di depan.. dan gw selalu ngliat bapak ini, setiap pagi mengantri di antrian koridor gw.. 

gw gak tau kerjaan si bapak ini apa, tapi gw mengapresiasi bapak ini.. karena bapak ini berani untuk naek tj ke tempat tujuannya (yang kebetulan sama kayak gw).. sedangkan kalo boleh jujur beberapa temen gw takut untuk naek busway dan lebih milih naek taxi -_______- pdhl mreka bisa ngliat lhooo..

1 lagi yang gw apresiasi adalah para petugas busway nya, karena bisa dibilang mereka sigap untuk membantu orang tua dan kaum difabel. gw sering liat kok para petugas ng bantu bapak ini untuk naek terlebih dahulu n nghalau orang2 laen untuk memberi jalan.. dan saat mau turun petugasnya juga membantu kok.. kerennnn..

Oh iya, gak sekali doang lho gw ketemu sama orang tuna netra di lemdaraan umum.. gw pernah ketemu juga di angkot pas pagi2.. sebelum jam 6.. dan gw tau, si bapak ini jualan krupuk di deket kantor lama gw.. gw kagum lhoo ama bapak itu, setiap pagi sblm jam 6 udah berangkat untuk jualan krupuk.. dan gw juga kagum karena sopir angkot yang gw tumpangi dan penumpang2 nya baik banget ama bapak itu.. si sopir dari awal nanyain dimana si bapak turun, dan penumpang nya juga nanya2 si bapak dan ngbayarin si bapak lhoo.. 

Kalo boleh jujur, gw kagum banget ama semua kaum difabel gak cuma kaum tunanetra (krn kebetulan yang sering gw liat cuma kaum tuna netra aja) tapi semuanya, karena terkadang dengan semua kekurangan mereka, mereka tetap fight dan berjuang untuk yang lebih baik, sedangkan mereka2 yg sehat dan tidak kekurangan (ex: pengemis) terkadang tidak menghargai apa yang mreka miliki dan hanya menyorongkan tangan tanpa usaha apapun.. Miris sekali..

Dari pengalaman gw ini, semoga kita semua bisa fight dan terus berjuang seperti semua kaum difabel :D

UPDATE
PS :
Pas pulang kantor setelah nulis di blog ini, gw ketemu bapak2 tuna netra yang jualan kerupuk di depan alfa.. dan si bapak ini dikasi tempat duduk lhoo.. tempat duduk biasa sih.. cuma ya menurut gw karyawan alfa midi baek banget.. secara kan benernya si alfa ada jual krupuk juga.. tapi dia masih baik hati ngijinin si Bapak untuk jualan disana :D

PPS :
Pas gw naek busway hari ini, gw ketemu ama 2 orang tuna netra lagi.. dan mreka juga turun di halte yang sama kayak gw.. dan petugas tj nya emang agak kagok ya untuk bantu mreka turun karena pas bus nya rame, cuma ya gitu menurut gw petugas nya sigap.. N kebetulan gw ngeliat pas di halte busway ternyata udah ada petugas yang nungguin.. dan petugasnya ramah.. diajak ngobrol dan disebrangin jalan lhooo.. (halte busway gw gak ada tangga nya) dan satpam yang kebetulan emang setiap hari kerjaan nya nyebrangin juga membantu banget..

Ternyata orang - orang di Indonesia itu masih baik dan suka menolong.. semoga dengan makin banyak orang yang membantu para kaum difabel bisa lebih mengembangkan diri mereka yaaa :D


0 comments:

Post a Comment