#CURCOL IELTS

Hi.. setelah sekian lama tak berjumpa akhirnya gw memutuskan untuk nge post tentang hal yang agak berat.

Jadi ceritanya, gw kan mau sok gegayaan untuk lanjutin S2 di luar. Pas bulan agustus ini gw baru sadar kalau misalkan gw mau daftar S2 untuk autumn itu gw harus prepare dari taon ini. Dengan tergesa2 karena waktunya mepet (menurut gw sih mepet ya 4 bulan.. hehe) gw mulai nyiapin semua prasyarat yang dibutuhkan salah satunya si IELTS ini..

Kebetulan gw udah ngeles bahasa inggris di wallstreet cuma menurut gw, les di wallstreet kan gak dirancang khusus untuk IELTS lebih ke arah speaking walaupun skrg udah ada kelas khusus IELTS nya. Akhirnya gw nyari2 tempat kursus lain yang nyediain kursus IELTS. Kebetulan pilihan gw jatuh di The British Institute yang lokasi nya di Sequis Center sebrang nya FX pas banget di depan halte busway GBK. Gw pilih lokasinya karena deket busway biar gw semangat les nya. Dan review nya lumayan lah ya.

So berbekal review blog lain, tanya2 lewat email (Oh iya responnya cepet banget, gw suka yang kayak gini) akhirnya gw daftar untuk kursus disana. Waktu itu sih gw dapet harganya 3.7jt karena lagi ada promo gratis biaya daftar 200rb. Itu include sama biaya buku IELTS asli ya, yang gw cek di gramedia sekitar 300rb jadi lumayan lah.

Gimana untuk les nya sendiri? Gw pilih les setiap hari Sabtu, dimana setiap kali les itu 4 jam diselingi jeda selama 30 menit dan total pertemuan adalah 45 jam walaupun gw berasanya cuma 44 jam sih :D karena dihitung minggunya cuma 11 minggu ntah apa minggu terakhir dilebihin 1 jam (gw gak masuk soalnya di 2 mgg terakhir).

HOW ABOUT THE COURSE?
Di kelas kursus ini kita bakal diajarin tips dan trick untuk menghadapi soal2 yang ada di tes IELTS, kemampuan grammar dsb dianggap sudah bisa jadi kita fokus benar2 di tips dan trick aja.

Menurut gw sih ini membantu banget karena selama ini gw cuma kenal yang namanya TOEFL PBT. Jadi begitu pertama kali gw dikenalin ama model soal IELTS ini gw agak2 shock juga. Trus enaknya lagi disini kelas IELTS ada beberapa tingkat kebetulan gw dapet nya yg Upper Intermediate (sesuai tes masuk. Pertama Pilihan Ganda 100 nomor kalau bagus lanjut writing) jadi loe gak akan merasa kemampuan loe berbeda karena semua nya 1 level.

Lalu disini juga akan diajarin structure writing yang baik seperti apa, bagaimana mengembangkan speaking loe supaya gak terlalu singkat. Metode2 supaya loe siap pas listening dan reading, dsb dsb. Pokoknya banyak dhe materinya. Cuma enaknya pengajarnya selalu sama, jadi dia bakal tau perkembangan loe dari week 1 - selesai :)

Sayang nya gw perlu bolos 3x pertemuan (gak bisa gw apa2 in lagi karena jadwal gw udah mepet) jadi otomatis gw cuma ikut 8 pertemuan dan gak ikutan mock test IELTS nya karena itu di 2 pertemuan terakhir (gw bolos di 2 pertemuan terakhir dan 1 di tengah2)

THE TEST PREPARATION
Karena temen2 les gw pada bilang mereka mau langsung ikut ujian ielts secepetnya (biar gak lupa) akhirnya gw ikutan daftar untuk ikut tes 2 minggu setelah les berakhir.

Daftarnya di website British Council tinggal isi data diri dan transfer ke nomor rekening yang diberikan. Nanti kita akan dapat email konfirmasi dilanjutkan dengan email keterangan tempat ujian pada H-3. Oh ya kita dapet free 10 jam untuk akses web khusus mereka road to ielts yang isinya untuk nyiapin kita menghadapi IELTS. Untuk biaya saat ini adalah 2

Saat hari H kita tinggal dateng bawa diri ama ID yang kita pakai pas daftar tes (KTP / Paspor) gak perlu bawa apa2 bener dhe. Gak guna soalnya, begitu masuk langsung antri nitip barang, pengambilan foto dan sidik jari lalu masuk ruangan. Air dan alat tulis udah disediain. Jadi ya monggo. Trus ke toilet juga susah, musti minta ijin ama pengawasnya (berasa UN dhe gw)

THE TEST
Untuk tes nya sendiri karena gw udah dididik oleh guru TBI gw tentang pengaturan waktu (fyi, gak boleh pakai jam ya di ruangan, Nanti di monitor nya disediain jam yang segede bagong kok.. tenang aja) Jadi gw lumayan tenang. Overall:
-  Listening oke. Speaker nya oke, ruangan tenang, instruksi jelas, mental siap. hahaha..
-  Reading juga sama lah.
-  Writing
Jujur agak2 berantakan :( especially untuk task 2 karena gw terburu2.. Untuk temen2 gw pada shock karena task 1 nya disuruh bandingin 3 piechart dan table (biasa nya di kelas TBI gw cuma pernah bandingin 2 dan itu pun grafik lhooo) Jadi saran gw coba untuk belajar lagi. Soalnya gw kan sempet belajar2 lagi gtu selama 2 mgg dan gw sempet ketemu tipe soal ini jadi gw gak parno
- Speaking
Jujur ini gw agak2 nervous gtu. Gw dapet nya di hari yang sama dengan ujian tertulis. Jujur sebenernya topik gw tuh gampang sih. tentang film gtu. Jujur gw agak nervous dan banyak melakukan pengulangan dan sempet lupa bahasa inggris dari peran itu character. :'(


THE RESULT
Bersyukur banget pas terima hasil test, nilai gw semuanya memuaskan walaupun jujur gw akuin kalau hasil writting gw sangat mengecewakan, overall gw puas dengan test IELTS ini

Untuk yang penasaran :)

Results

Listening:8.5
Reading:8.5
Writing:6.0
Speaking:8.0

Overall:8.0
TIPS
Walaupun sudah ikut IELTS Preparation jangan lengah!!!! Tetap belajar - belajar lagi. Saran gw untuk writing bacalah contoh - contoh orang yang dapet Band 2 tingkat lebih tinggi dari target yang kalian inginkan. Misal target kalian 7, maka bacalah contoh writing IELTS band 9.

Untuk listening, saran gw cuma 1. Banyak2 dengerin percakapan bahasa Inggris, Entah dari podcast, BBC, Radio, Music, Film. Apa aja bisa.

Untuk Reading saran gw banyak2 baca novel :P gak ding. Coba baca guardian dhe dan The Economist.

Untuk Speaking banyak - banyak lah cas cis cus dengan teman anda :P atau kalau gak minta bantuin sodara anda untuk menanyakan anda contoh speaking tahun2 sebelumnya :)

0 comments:

Post a Comment