[BOOK REVIEW] Flawless

Kali ini agak sedikit berbeda dengan biasanya, gw mau ng – review buku bahasa Inggris yang gw baca. Berhubung buku yang gw baca ini softcopy, jadi gw kurang tau di Indonesia bakal ada apa gak atau udah terbit atau belum. Cuma mungkin kalian bisa beli di amazon atau di kokobooks atau barnes and nobles.


from here
Buku ini bisa dikategorikan sebagai buku untuk kalangan remaja menurut gw pribadi. Bercerita tentang Sarah Burke sebagai tokoh utama yang diberkahi dengan bentuk hidung yang agak diluar kewajaran. Apalagi cerita dimulai dengan sarapan pagi Sarah dengan Ibu nya (Seorang pembawa berita terkenal di TV) dan perdebatan Sarah ke ibunya mengenai tawaran operasi plastik (Beth Burke, ibu nya Sarah sendiri melakukan operasi plastik untuk memperbaiki bentuk hidung yang sepertinya menurun ini).

Sarah sendiri sebenarnya tidak merasa perlu melakukan operasi plastik karena dia menganggap bentuk hidungnya adalah anugrah (Go go go Sarah!!!). Apalagi Sarah memiliki Kristen Gallagher (teman baiknya, malah bisa dibilang teman satu – satunya Sarah) yang siap membela Sarah apabila ada orang yang menjelek – jelekan Sarah. Sarah sendiri terkadang suka menantang langsung orang – orang yang menghina hidungnya dan menerima bahwa sebagian orang sering membicarakan tentang hidungnya di belakang. (Seperti kebanyakkan sekolah, pasti ada kegiatan bully walaupun secara verbal saja)

Sayangnya, semua berubah karena kehadiran seorang murid laki – laki baru Rockford Conway (Rock) yang mempesona dan pintar. Apalagi saat Kristen, mulai meminta bantuannya untuk mendekatkan dirinya dengan Rock dengan menggunakan kemampuan Kristen dalam bertutur kata. Dapatkah Sarah, menekan perasaannya terhadap Rock dan membantu Kristen? Apakah Rock akan menyadari bahwa Sarah lah selama ini yang berinteraksi dengannya di email?

Kelanjutannya bisa dibaca di buku Flawless karangan Lara Chapman ini!

Menurut gw pribadi buku ini bagus banget untuk umuran ABG. Karena di buku ini, diceritakan bagaimana Sarah sebagai orang yang minder berat karena hidungnya yang memiliki bentuk yang luar biasa berusaha untuk menerima keadaan tersebut. Tidak terbujuk untuk mencari jalan pintas (operasi plastik) dan menyadari bahwa sedikit kekurangan dalam dirinya itu tidak menutup berbagai kemungkinan dalam hidup nya dan tidak berarti bahwa dia jelek sehingga tidak dilirik oleh lawan jenis. Jangan sampai karena kita terlalu terpaku pada kekurangan kita, kesempatan – kesempatan yang ada terlewat begitu saja.

Bagaimana pentingnya sebuah persahabatan juga dibahas di buku ini melalui cerita mengenai Ibu Sarah (Beth) dalam berinteraksi dengan rekan kerja yang pada akhirnya menyadarkan Sarah bahwa pertemanannya dengan Kristen sangat berharga dalam hidupnya.

Oh ya, di buku ini suka ada quote yang bagus contoh ya:
Beauty is not in the face, beauty is a light in the heart.
                                                                                                                                                ~Kahlil Gibran

Everything has beauty, but not everyone sees it.
                                                                        ~Confucius

See!!! Memang sih overall, buku ini lebih menceritakan tentang kecantikkan fisik. Tapi sebenernya, menurut gw minder gak cuma dari fisik kok. Masih banyak yang lain, dan dengan baca buku ini kalian akan benar – benar mengerti :D

Kalau gw rate, maka buku ini bakal dapat 4.5/5 :D

0 comments:

Post a Comment